Mengenal Lebih Dekat Ferenc Puskas, Legenda Pesepakbola Hungaria

Hungaria adalah satu dari banyak negara di kawasan Eropa Timur yang sempat memiliki masa kegemilangan sepakbola di masa 1950’an, dan Hungaria mempunyai seorang pemain yang sekarang sebagai legenda, Ferenc Puskas. Ferenc Puskas atau biasa dipanggil hanya dengan Puskas lahir 2 April 1927, di budapest, punya nama lengkap dan asli yaitu Ferenc Purczeld, dan lalu dibesarkan di Kispest, salah satu pemukiman di kawasan pinggiran. Caps Ferenc Purczeld bersama dengan timnas Hungaria tercatat sampai dengan 85 kali Dan sudah membuat 84 gol, yang lalu membuatnya jadi perjalanan sejarah sepanjang masa di dunia olahraga sepakbola Hungaria, manalagi selama Ferenc Purczeld berseragam timnas Hungaria, negara itu disegani oleh negara-negara sekitarnya saat itu.

Ferenc Puskas

Puskas memulai karirnya di dunia persepakbolaan bersama dengan klub lokal liga Hungaria, Kispest AC klub dimana ayah Purczeld yang melatih, Farenc Sr yang sekarang menjadi pelatih dan tadinya sempat membela klub itu. Pada 1949, saham klub Kispest AC sudah diambil oleh Kementrian Pertahanan Hungaria tuk kemudian mengganti nama klub itu dengan julukan Bundapest Honved.

Dengan klub Bundapest Honved, Puskas sukses mengahantarkan klub itu untuk jadi jawara Liga Hungaria dengan prestasi hingga 5 gelar. Puskas juga mencatatkan diri sebagai pencetak gol paling banyak selama keempat musimnya pada Liga Hungaria. Tidak cuma sampai disana, bahkan tahun 1948, Puskas berhasil menjadi penghasil gol paling melimpah di Eropa dari menyeluruh Liga-liga eropa secara 50 torehan gol. Dan tahun 1956, Puskas pun berhasil menggiring Bundapet Honved turut serta di tournament Eropean Cup. Didalam pertandingan pertama mereka melawan Atletico Bilbao. Di pertandingan tandangnya di Bilbao, Honved menuai kekalahan 3-2, dan ketika pertandingan kandang yang digelar di Bundapest, Revolusi Hungaria jua meletus dan mewajibkan pertandingan akan digelar di stadion lain. Dan kemudian, pertandingan dari dua tim menghadapi Atletic Bilbao yang bakal digelar di Heysel Stadium, Brussels, negeri Belgia yang kemudian berakhir sama kokoh dengan kedudukan 3-3. Dan terpaut Honved kalah 6-5 bersamaan harus tersingkir.

Sang Legenda Eropa dan Real Madrid

Setelah timbulnya revolusi di Hungaria tahun 1956, Puskas kemudian menolak bila harus pulang ke Budapest dan bersama beberapa sekawanannya yakni Czibor & Koscis, mereka semua menyiapkan beserta keluarganya tuk bermigrasi serta mencari tim anyar di Eropa Barat. Sebagai Efek dari penolakannya itu, mereka akhrinya pulang ke Bundapest. Puskas kena larangan main selama kira-kira dua tahun di kawasan Eropa oleh UEFA. Efek dari larangan main tersebut, 2 ‘Giant’ Italia, AC Milan serta Juventus yang sebelumnya berminat tuk mendatangkannya, akhirnya musti membatalkan niatnya.

Setelah kurun hukumannya berakhir, Puskas mencoba berjuang tuk bisa main di Liga Italia, namun tak ada klub yang berminat pada sang pemain, mengingat umurnya yang telah tak muda lagi. Puskas lalu pernah diisukan bakal berseragam Manchester United, guna menambal power MU yang ketika itu sedang compang-camping pasca tragedi kecelakaan maskapai di Munchen. Tetapi perarturan yang sudah di tetapkan oleh FA (Organisasi Sepakbola Inggris) yang mengharuskan pemain asing supaya bisa menggunakan bahasa Inggris.

Beberapa bulan berselang Puskas mendapat klub barunya yaitu Real Madrid yang bertabur bintang serta dihuni oleh beberapa legenda Real Madrid sebagaimana Alfredo Di Stefano, Raymond Kopa, Fransisco Gento, Hector Rial, serta Jose Santamaria. Pada saat itu Puskas telah menginjak usia 31 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published.